Sun. Feb 25th, 2024

AC atau Air Conditioner merupakan salah satu alat elektronik yang penting untuk dimiliki, terutama di negara tropis seperti Indonesia. AC dapat membantu kita untuk merasa nyaman saat cuaca panas. Namun, agar AC tetap awet dan bekerja dengan baik, kita perlu merawatnya dengan benar.

Berikut adalah beberapa cara merawat AC yang baik dan benar:

1. Bersihkan filter udara secara rutin

Filter udara pada AC berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran yang masuk ke dalam ruangan. Jika filter udara kotor, maka AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan, sehingga boros listrik dan AC menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan filter udara secara rutin, setidaknya sebulan sekali.

Cara membersihkan filter udara AC cukup mudah. Pertama, lepaskan filter udara dari AC. Kemudian, cuci filter udara dengan air bersih dan sabun. Anda juga dapat menggunakan sikat lembut untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada filter udara. Setelah filter udara bersih, keringkan dengan lap bersih dan pasang kembali pada AC.

2. Bersihkan coil AC

Coil AC merupakan komponen yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara. Jika coil AC kotor, maka AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan, sehingga boros listrik dan AC menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan coil AC secara rutin, setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Cara membersihkan coil AC cukup mudah. Pertama, matikan AC dan cabut kabel listriknya. Kemudian, bersihkan coil AC dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran yang menempel. Setelah itu, semprotkan coil AC dengan air bersih dan lap dengan kain bersih.

3. Pastikan kipas kondensor dalam kondisi yang baik

Kipas kondensor pada AC berfungsi untuk membuang panas dari AC ke udara luar. Jika kipas kondensor tidak berfungsi dengan baik, maka AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan, sehingga boros listrik dan AC menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kipas kondensor dalam kondisi yang baik.

Cara memastikan kipas kondensor dalam kondisi yang baik cukup mudah. Pertama, nyalakan AC dan tunggu beberapa menit. Kemudian, periksa apakah kipas kondensor berputar dengan baik. Jika kipas kondensor tidak berputar atau berputar dengan lambat, maka kemungkinan kipas kondensor rusak dan perlu diganti.

4. Periksa pembuangan kondensasi air

AC akan menghasilkan kondensasi air saat bekerja. Kondensasi air ini harus dibuang dengan baik agar tidak menumpuk dan menyebabkan kerusakan pada AC. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa pembuangan kondensasi air secara rutin.

Cara memeriksa pembuangan kondensasi air cukup mudah. Pertama, nyalakan AC dan tunggu beberapa menit. Kemudian, periksa apakah air keluar dari saluran pembuangan kondensasi air dengan lancar. Jika air tidak keluar atau keluar dengan lambat, maka kemungkinan saluran pembuangan kondensasi air tersumbat dan perlu dibersihkan.

5. Lakukan perawatan rutin

Selain melakukan perawatan di atas, disarankan juga untuk melakukan perawatan rutin AC oleh teknisi AC setiap 1 tahun sekali. Teknisi AC akan memeriksa kondisi AC secara menyeluruh dan membersihkan komponen-komponen AC yang sulit dibersihkan sendiri.

Dengan melakukan perawatan AC secara rutin, maka AC Anda akan tetap awet dan bekerja dengan baik. Anda juga akan terhindar dari tagihan listrik yang mahal dan biaya perbaikan AC yang tinggi.

Visited 1 times, 1 visit(s) today

By Setia

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *