Thu. Feb 29th, 2024

Ghana dinyatakan bangkrut pekan lalu. Negeri itu terlilit utang dan tak mampu membayarnya sesuai waktu yang ditentukan.

Negara itu pun kini meminta bantuan Dana Moneter Internasional (IMF). Menurut laporan The New York Times, pemerintahan Presiden Nana Akufo-Addo “tidak punya pilihan selain menyetujui pinjaman US$ 3 miliar dari lembaga itu.

Krisis keuangan telah berdampak luas, di mana banyak kontraktor memberhentikan pekerjanya di Ghana. Ini memperburuk masalah pengangguran di negara tersebut.

Menurut kepala eksekutif sebuah asosiasi perusahaan konstruksi Ghana, Emmanuel Cherry, pemerintah menunggak pembayaran hingga 15 miliar cedi atau sekitar US$ 1,3 miliar. Pemerintah Ghana juga berutang kepada produsen listrik independen sebesar US$ 1,58 miliar, yang mengancam pemadaman listrik warga.

“Pemerintah pada dasarnya bangkrut. Ini merupakan kali ke-17 Ghana terpaksa meminta bantuan dana tersebut sejak negara tersebut merdeka pada tahun 1957,” tulis laporan NYT dikutip dari Business Insider Africa, Rabu (28/9/2023).

“Krisis terbaru ini sebagian disebabkan oleh pandemi virus corona, invasi Rusia ke Ukraina, serta harga pangan dan bahan bakar yang lebih tinggi,” tambahnya.

Baca Juga: Riwayat Singkat Rasulullah SAW Dari Lahir Hingga Wafat

Negara Lain

Sebenarnya, pada 2022, kebangkrutan juga dialami oleh Sri Lanka. Krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya memicu protes besar di negara kepulauan itu.

Ketegangan ini memuncak pada Juli 2022 ketika massa menyerbu rumah presiden. Saat itu Gotabaya Rajapaksa akhirnya melarikan diri dari negara itu dan mengundurkan diri.

Dalam laporan Crisis Response Group PBB pada awal tahun ini, setidaknya ada sembilan negara yang disebut berpotensi bernasib sama. Yakni Negeri Ceylon. Di antaranya, Afghanistan, Argentina, Mesir, Laos, Lebanon, Myanmar, Pakistan, Turki dan Zimbabwe.

24 Negara Terancam Bangkrut

Sementara itu dalam survei lembaga kajian ekonomi, Visual Capitalist pada akhir tahun lalu, disebutkan 25 negara memang terancam bangkrut. Ghana manjado salah satunya.

Negara yang terancam bangkrut tersebut berasal dari data-data empat metrik penghitungan. Yaitu imbal hasil obligasi pemerintah, credit default swap (CDS) 5 tahun, beban bunga sebagai persentase dari produk domestik bruto (PDB), serta utang pemerintah sebagai persentase dari PDB.

Berikut daftar 24 negara lainnya yang terancam bangkrut.

1. El Salvador

2. Tunisia

3. Pakistan

4. Mesir

5. Kenya

6. Argentina

7. Ukraina

8. Bahrain

9. Namibia

10. Brasil

11. Angola

12. Senegal

13. Rwanda

14. Afrika Selatan

15. Costa Rika

16. Gabon

17. Maroko

18. Ekuador

19. Turki

20. Republik Dominika

21. Ethiopia

22. Colombia

23. Nigeria

24. Meksiko

(sumber)
Visited 1 times, 1 visit(s) today

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *