Fri. Apr 12th, 2024

SuaraBrebes.com-Surabaya – Memperingati Hari Musik Nasional, Pamor Wicaksono SH., seorang politisi dari Partai Golkar asal Brebes, turut merayakan momen bersejarah ini dengan melakukan tabur bunga di makam Wage Rudolf Supratman di Surabaya pada Sabtu (09/03/2024). Kegiatan ini diselenggarakan secara sederhana bersama Forum Pamong Kebudayaan Jawa Timur.

Hari Musik Nasional diperingati untuk menghormati jasa dan kontribusi Wage Rudolf Supratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Tanggal 9 Maret dipilih sebagai hari kelahiran seniman yang pertama kali memperdengarkan lagu Indonesia Raya pada Kongres Pemuda kedua pada 28 Oktober 1928

Pamor Wicaksono menyampaikan harapannya agar generasi masa kini dapat lebih mengenal Lagu Indonesia Raya dalam tiga stanza. Selama ini, lagu kebangsaan hanya dikenal dalam satu stanza saja. Ia juga mendorong pemerintah untuk lebih aktif dalam memperkenalkan versi lengkap dari Lagu Indonesia Raya dalam kegiatan kenegaraan.

Ki Bagong Sindukarto, Ketua Forum Pamong Kebudayaan Jawa Timur, menyatakan bahwa kegiatan perayaan Hari Musik Nasional dan peringatan hari seniman bangsa Pahlawan Nasional Wage Rudolf Supratman telah menjadi agenda tahunan mereka. Selama beberapa tahun terakhir, mereka juga telah mengusulkan agar Lagu Indonesia Raya dinyanyikan dalam versi tiga stanza.

Ki Bagong juga mengharapkan agar para seniman, baik musisi maupun pencipta lagu, dapat menciptakan karya-karya musik yang lebih baik, khususnya lagu-lagu anak-anak. Kekurangan lagu-lagu anak-anak sering membuat mereka terpaksa menyanyikan lagu-lagu yang tidak sesuai dengan usia dan latar belakang mereka.

Sebagai bagian dari perayaan Hari Musik Nasional tahun ini, Forum Pamong Kebudayaan Jawa Timur akan menggelar Festival Keroncong On The Mountain pada bulan Mei. Melalui festival ini, diharapkan musik keroncong dapat lebih dilestarikan. Ini merupakan penyelenggaraan festival ke-10 sejak dimulainya.

Pendidikan karakter melalui nilai-nilai moral dalam lagu anak-anak sangat penting. Dengan kebutuhan akan lagu-lagu ini, kita dapat mencegah masalah yang lebih besar di masa depan,” ujar Pamor.

Visited 137 times, 1 visit(s) today

By Admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *