Thu. Feb 29th, 2024

SuaraBrebes.Com, 18 Oktober 2023 – Sebuah upaya signifikan untuk meningkatkan demokrasi dan pendidikan politik di Desa Karangsembung telah mengambil langkah maju dengan sukses. Diskusi yang menghadirkan Pamor Wicaksono, SH, seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Brebes yang telah menjabat selama tiga periode dari Fraksi Partai Golkar, menginspirasi masyarakat setempat untuk lebih memahami demokrasi dan peran politik mereka dalam masyarakat.

Diskusi ini dihadiri oleh sejumlah warga masyarakat, tokoh desa, serta perwakilan dari berbagai kelompok masyarakat. Diskusi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang demokrasi, pentingnya pendidikan politik, dan bagaimana mereka dapat berpartisipasi aktif dalam proses demokratisasi.

Dalam paparannya, Pamor Wicaksono menyampaikan bahwa demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan yang didasarkan pada kedaulatan rakyat.

Pamor Wicaksono, SH, yang telah lama berperan dalam dunia politik, membuka diskusi dengan berbicara tentang pentingnya partisipasi aktif warga dalam proses politik. Ia mengatakan,

“Demokrasi bukan hanya soal hak kita untuk memilih pemimpin, tetapi juga hak kita untuk turut serta dalam pengambilan keputusan yang memengaruhi kehidupan sehari-hari di desa ini. Pendidikan politik adalah kunci untuk memahami sistem ini, dan mendorong kita untuk berpartisipasi.”

Pamor Wicaksono juga menyampaikan pentingnya pendidikan politik bagi masyarakat. Pendidikan politik dapat membantu masyarakat untuk memahami hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

“Pendidikan politik dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya berpartisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Pamor Wicaksono.

Pada kesempatan itu, Pamor Wicaksono juga menyampaikan tentang pentingnya peran masyarakat dalam mengawasi kinerja pemerintah. Masyarakat harus aktif memberikan kritik dan saran untuk perbaikan kinerja pemerintah.

“Masyarakat harus menjadi mitra pemerintah dalam membangun bangsa dan negara,” kata Pamor Wicaksono.

Kepala Desa Karangsembung, Bapak Eko Budhy Santoso, mengungkapkan apresiasi mendalam terhadap inisiatif ini. Ia berharap bahwa pendidikan politik dan partisipasi masyarakat dalam proses demokratisasi akan terus berkembang, memperkuat dasar demokrasi yang kuat di Desa Karangsembung.

Kegiatan peningkatan demokrasi dan pendidikan politik bagi masyarakat di Desa Karangsembung tersebut mendapat apresiasi dari para peserta. Mereka berharap kegiatan tersebut dapat terus diselenggarakan secara rutin untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang demokrasi dan pendidikan politik.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kami berharap kegiatan ini dapat terus diselenggarakan secara rutin,” kata salah satu peserta.

Visited 1 times, 1 visit(s) today

By Admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *