Sat. Apr 13th, 2024

SuaraBrebes.Com- Yogyakarta, Pada Rabu (06/03/2024), Pamor Wicaksono SH., seorang politisi Golkar yang telah menjadi anggota legislative selama tiga periode, melakukan ziarah ke makam Panglima Besar Jendral Soedirman di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara Yogyakarta. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengenang peristiwa Serangan Umum 1 Maret dan para pahlawan bangsa Indonesia.

Menurut Pamor, peristiwa Serangan Umum selama 6 jam oleh Tentara Nasional Indonesia di Yogyakarta pada 1 Maret 1949 sangat berarti. Dalam peristiwa tersebut, kesadaran dan semangat persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia meningkat pesat. Serangan ini merupakan bagian penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, yang mampu menegakkan kembali eksistensi dan kedaulatan negara Indonesia di dunia internasional.

Inisiator serangan ini adalah Sultan Hamengkubuwono IX, yang diikuti oleh Letnan Kolonel Soeharto yang pada waktu itu menjabat sebagai Komandan Brigade 10/Wehrkreise. Keterlibatan Soeharto dalam penyusunan skema serangan tersebut terjadi karena wilayah komandonya mencakup Daerah Istimewa Yogyakarta, wilayah kekuasaan Sultan Hamengkubuwono IX. Sejarah kemudian mencatat peristiwa serangan dan pendudukan Yogyakarta selama 6 jam oleh pasukan TNI pada 1 Maret 1949.

Presiden Joko Widodo melalui Keppres No.2 Thun 2022, telah menetapkan peringatan 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN). Sebelumnya, tanggal 1 Maret adalah hari peringatan Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta. Pada peringatan HPKN tahun 2024 ini, mengambil tema “Kedaulatan Yang Beradab Penentu Masa Depan Bangsa”.

Serangan Umum 1 Maret 1949 merupakan bagian penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, yang mampu menegakkan kembali eksistensi dan kedaulatan negara Indonesia di dunia internasional, serta berhasil menyatukan kembali kesadaran dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat itu.

Pamor Wicaksono berharap nilai-nilai perjuangan bangsa dapat ditanamkan dan diperkuat pada seluruh rakyat Indonesia melalui peringatan HPKN. Ia juga menyarankan agar pengajaran sejarah di sekolah-sekolah terus diajarkan sehingga terus memupuk nasionalisme generasi muda.

Anggota legislatif DPRD Kabupaten Brebes yang kembali terpilih dalam Pemilihan Umum Legislatif 2024 ini berharap pengajaran sejarah di sekolah-sekolah terus diajarkan sehingga terus memupuk nasionalisme generasi muda.

Mengingat kembali perjuangan para pahlawan bangsa, seperti Panglima Besar Jendral Soedirman, sangat penting bagi keberlangsungan eksistensi dan kedaulatan negara Indonesia. Semoga kita selalu ingat dan mengambil pelajaran dari perjuangan pahlawan bangsa demi kemajuan Indonesia ke depan.

Visited 33 times, 1 visit(s) today

By Admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *