Fri. Apr 12th, 2024

SuaraBrebes.com, Brebes-, 6 Maret 2024 – Ratusan pelajar SMA se-derajat dari Kabupaten Brebes turut serta dalam seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat kabupaten, yang digelar oleh Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat. Seleksi ini bertujuan untuk membentuk generasi muda yang memiliki semangat nasionalisme, disiplin, dan tanggung jawab.

Sekda Brebes, Djoko Gunawan membuka seleksi Paskibra tersebut dan mengatakan bahwa para pelajar akan diuji melalui serangkaian tahapan seleksi. Proses seleksi ini diawasi oleh tim penilai yang terdiri dari unsur TNI Kodim Brebes, Polres, dan pihak terkait yang berpengalaman dalam bidang kepemudaan dan pendidikan. Setiap peserta akan dinilai berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memilih para calon anggota Paskibra yang berkualitas.

“Para pelajar diuji melalui serangkaian tahapan seleksi,” Ujar Djoko Gunawan,

Sebanyak 328 peserta telah mengikuti tahapan seleksi yang dimulai sejak 28 Februari hingga 7 Maret 2024. Dari jumlah tersebut, hanya 153 peserta yang dinyatakan lulus dalam tahapan berbasis sistem Computer Assisted Test (CAT) Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, serta seleksi berbasis CAT terkait intelegensi umum. Pada tahapan selanjutnya, sebanyak 116 peserta dinyatakan lulus seleksi untuk tahapan parade, PBB, dan kesamaptaan.

Tahapan seleksi selanjutnya yaitu tes kepribadian di Markas Kodim Brebes pada Kamis, 7 Maret 2024. Hanya 36 peserta anggota Paskibraka yang akan dipilih menjadi bagian dari pasukan pengibar bendera tingkat Kabupaten Brebes untuk tahun 2024.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Brebes, Moh. Sodik, berharap seleksi Paskibra ini dapat membentuk generasi muda yang memiliki kepribadian dan semangat nasionalisme serta dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga dan memperjuangkan keutuhan dan kedaulatan bangsa. Semoga para pelajar yang berpartisipasi dalam seleksi ini dapat menjadi teladan bagi seluruh generasi muda di Kabupaten Brebes.

Visited 6 times, 1 visit(s) today

By Admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *