Thu. Feb 29th, 2024

Desa Rengasbandung, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah – Suasana penuh semangat dan antusiasme menyelimuti Desa Rengasbandung pada hari yang cerah ini. Warga desa dan sekitarnya berkumpul untuk mengikuti diskusi yang mengangkat tema penting: “Peningkatan Demokrasi, Pendidikan, dan Politik Bagi Masyarakat.” Diskusi ini dihadirkan dengan kehadiran istimewa, Pamor Wicaksono, Anggota DPRD Kabupaten Brebes yang telah memegang jabatan ini selama tiga periode berturut-turut.

Demokrasi sebagai Pondasi

Diskusi dimulai dengan membahas konsep demokrasi sebagai pondasi utama bagi masyarakat dalam memilih pemimpin dan mengelola pemerintahan. Pamor Wicaksono menjelaskan, “Demokrasi adalah sistem yang memberikan kekuasaan kepada rakyat untuk membuat keputusan politik. Dalam hal ini, suara masyarakat menjadi sangat penting. Masyarakat yang aktif dalam politik dapat memastikan bahwa kebijakan yang diambil mencerminkan kepentingan dan kebutuhan mereka.”

Beliau juga menekankan pentingnya partisipasi aktif dalam pemilihan umum, pemilihan kepala desa, dan pemilihan lainnya. Partisipasi dalam proses ini, menurutnya, adalah salah satu cara terbaik bagi masyarakat untuk memengaruhi arah pembangunan dan kebijakan di tingkat lokal.

Peran Pendidikan dalam Membentuk Warga Negara yang Aktif

Pendidikan adalah salah satu instrumen utama dalam menciptakan masyarakat yang sadar politik dan berpartisipasi. Pamor Wicaksono memberikan pandangannya tentang pentingnya pendidikan dalam meningkatkan kesadaran politik: “Pendidikan memberikan wawasan yang diperlukan untuk memahami isu-isu politik, hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta kemampuan untuk menilai kredibilitas dan kualitas pemimpin.”

Dalam konteks ini, Pamor Wicaksono menggarisbawahi peran penting lembaga pendidikan, baik di tingkat sekolah maupun tingkat tinggi, dalam membekali generasi muda dengan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang aktif dan berpikiran kritis.

Peningkatan Politik Partisipatif

Selain mendiskusikan peran pendidikan dalam membentuk masyarakat yang sadar politik, Pamor Wicaksono juga memberikan wawasan tentang pentingnya politik partisipatif. Beliau berpendapat bahwa “politik partisipatif adalah kunci untuk memastikan representasi yang adil dan berkelanjutan di semua tingkat pemerintahan.”

Untuk mencapai politik partisipatif yang lebih tinggi, Pamor Wicaksono menyarankan warga untuk terlibat dalam organisasi politik, kelompok advokasi, dan aktivitas sosial yang berkaitan dengan isu-isu penting. Dengan cara ini, masyarakat dapat berkolaborasi, berdiskusi, dan bekerja sama untuk mencapai perubahan positif di masyarakat dan pemerintahan.

Baca Juga: Pamor Wicaksono, SH, Membahas Strategi Peningkatan Demokrasi dan Pendidikan Politik

Kesimpulan

Diskusi yang dihadiri oleh Pamor Wicaksono, Anggota DPRD Kabupaten Brebes tiga periode, di Desa Rengasbandung ini memberikan wawasan berharga tentang pentingnya peningkatan demokrasi, pendidikan, dan politik partisipatif bagi masyarakat. Demokrasi yang kuat membutuhkan warga yang berpendidikan dan berpartisipasi aktif dalam proses politik.

Pendidikan merupakan pondasi untuk memahami dan berpartisipasi dalam politik, sementara politik partisipatif adalah cara masyarakat dapat memengaruhi kebijakan dan perubahan positif di komunitas mereka. Semua ini harus menjadi komitmen bersama, terutama bagi generasi muda, untuk memastikan masa depan yang lebih baik dan demokratis bagi Kabupaten Brebes dan Indonesia pada umumnya.

Visited 3 times, 1 visit(s) today

By Admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *